sabun muka menghilangkan jerawat dan bekasnya
Beauty

Tips Memilih Sabun Muka untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, harus tepat dan cepat diatasi. Jerawat sendiri bisa timbul karena berbagai hal. Mulai dari karena keturunan hingga pola hidup yang kurang sehat. Berikut adalah tips untuk memilih sabun muka yang dapat menghilanhkan jerawat dan bekasnya,

Pilih sabun muka sesuai jenis jerawat

Minimal ada tiga tipe jerawat, yaitu jerawat dewasa, jerawat remaja, dan jerawat yang umum dialami pria. Selain itu, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jerawat bisa muncul karena berbagai sebab. Biasanya wanita cenderung lebih bisa memahami mengapa muncul jerawat pada saat tertentu. Nah, untuk kamu yang mengalami masalah jerawat kenali lebih dahulu jenis jerawat yang muncul diwajahmu. Apakah munculnya saat kamu mulai beranjak dewasa atau remaja, atau mungkin hanya pada saat-saat tertentu.

Perawatan untuk jerawat dewasa: pilihlah sabun yang banyak mengandung pelembap

Jika jerawatmu muncul seiring bertambahnya usia, atau pada saat telah dewasa sangat disarankan untuk memilih sabun muka yang banyak mengandung pelembap. Umumnya, penyebab dari munculnya jerawat ini adalah karena kebiasaan merokok, minum munuman beralkohol, stres, hingga pengaruh hormin yang berubah. Selain itu, kondisi kulit yang bertambah kering seiring bertambahnya usia dan pori-pori yang tersumbat juga menurunkan kondisi kulit, alias kulit menjadi lebih rentan akan infeksi bakteri. Terlebih jika kamu termasuk orang yang tidak terlalu rajin membersihkan kulit wajah.

Oleh karena itu, penting untuk memilih sabun muka yang mampu membersihkan hingga ke pori-pori. Selain itu, juga penting untuk memilih sabun muka yang banyak mengandung pelembap. Hal itu untuk menghindari kulit wajah menjadi kering. Sabun muka penghilang jerawat dan bekasnya yang disarankan untuk jenis jerawat dewasa adalah yang mangandung ekstrak madu, hyaluronic acid, dan squalane. Dua bahan tersebut diklaim mampu melembapkan kulit.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cepat

Perawatan pada jerawat remaja: pilihlah produk yang lembut di kulit serta mudah dibilas

Jenis jerawat ini slaah satu penyebab utamanya adalah hormon pertumbuhan. Jerawat remaja disinyalir karena pori-pori yang tersumbat akibat produksi minyak (sebum) berlebih, khususnya pada bagian hidup dan dahi. Area itulah yang disebut area T pada wajah. Oleh karena itu, memilih sabun penghilang jerawat dan bekasnya yang mampu membersihkan sebum secara menyeluruh sangatlah penting.

Jika disadari lebih, jerawat remaja biasanya juga disertai dengan peradangan atau iritasi yang akan memburuk bila kulit terstimulus berlebihan. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tidak menggunakan sabun muka yang memberi iritasi yang berlebih serta mastimulus kulit wajah. Sabun muka yang harus dihindari adalah yang memiliki kandungan scrub atau peeling. Jadi, pilihlah sabun muka yang halus dan lembut di kulit.

Perawatan jerawat untuk pria: pilihlah produk dengan kandungan pelembap dan pembersih yang seimbang

Faktanya, kulit wajah pria cenderung lebih kering daripada kulit wajah wanita sehingga jerawat lebih rentan untuk timbul. Jerawat pada pria seringkali dipicu karena adanya sekresi yang berlebihan akibat pengaruh hormon. Oleh karena itu, penting untuk memilih sabun muka yang berdaya pembersih kuat.

Untuk mengatasi jenis jerawat yang sering timbul pada pria sangat disarankan untuk memilih sabun muka yang mengandung bahan pelembap, seperti hyluronic acid dan madu. Selain itu, tidak berbeda jauh dengan jenis jerawat remaja, jerawat pada pria seringkali menimbulkan iritasi pada wajah. Oleh sebab itu, hindari penggunaan sabun muka penghilang jerawat dan bekasnya yang berjenis scrub karena akan memperburuk kondisi kulit yang berjerawat.

Jadi, kenali jenis jerawatmu dan pilihkan sabun muka dengan kandungan yang tepat, ya. Selamat mengenali dan memilih!

Baca Juga :  Tips dan Cara Menghaluskan Kulit Wajah Pria yang Sibuk