ciri ciri jerawat batu di dagu
Beauty

Ada Benjolan di Dagu? Yuk, Kenali Ciri-Ciri Jerawat Batu di Dagu

Jerawat batu di dagu disebabkan oleh tersumbat dan terjebaknya sel kulit mati di lubang pori-pori, di tambah lagi dengan kotoran atau debu di wajah yang memicu munculnya jerawat batu. Dagu merupakan area wajah yang sering terkena kotoran dan debu karena aktivitas sehari-hari di luar ruangan. Jerawat pada dagu sangat mengganggu karena dapat merusak penampilan seseorang.

Jerawat batu di dagu biasanya akan terlihat di area sepanjang garis rahang yang senantiasa berlipat-lipat. Jerawat batu adalah jenis jerawat yang paling parah sehingga perlu mendapatkan perhatian yang khusus. Ciri-ciri jerawat batu yang muncul di dagu adalah sebagai berikut.

Ukuran Lebih Besar

Salah satu ciri jerawat batu adalah ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya. Jerawat batu yang muncul di dagu juga demikian, yakni memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki warna kemerahan. Hal ini karena jerawat batu mengandung cairan yang akan membuatnya seakan membengkak di kulit wajah. Saat inilah, jangan sekali-kali kamu memencet atau menyentuh jerawat itu sembarangan karena akan membuatnya semakin parah.

Tumbuh pada Kulit Berminyak

Ciri lain dari munculnya jerawat batu adalah cenderung dialami oleh seseorang yang memiliki jenis kulit yang berminyak. Hal ini karena jerawat batu muncul karena adanya ketidakseimbangan hormon yang terjadi ketika pubertas, menstruasi, stres, dan pola makan yang jelek.

Bertekstur Keras dan Menyakitkan

Jerawat batu juga memiliki ciri-ciri yang ketika ditekan akan terasa keras. Hal ini karena jerawat batu mengandung cairan nanah yang berisi bakteri. Karena teksturnya yang keras inilah yang membuatnya disebut sebagai jerawat batu. Jerawat batu juga biasanya akan menimbulkan rasa sakit walaupun tidak disentuh. Oleh karena itu, janganlah kamu mencoba untuk menyentuh jerawat tersebut karena kesensitifannya akan lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya.

Baca Juga :  Tips dan Cara Menghaluskan Kulit Wajah Pria yang Sibuk

Berisi Cairan Nanah

Ciri lain yang menonjol dari jerawat batu adalah mengandung cairan nanah. Oleh karena itu, apabila kamu memencetnya akan dapat membahayakan kesehatan kulit.

Cepat Menyebar di Kulit

Ciri lain dari munculnya jerawat batu adalah cepat menyebar ke daerah wajah atau leher. Hal ini terjadi apabila Anda memaksa untuk mengeluarkan cairan nanah atau memencet jerawat tersebut sehingga mengakibatkan nanah keluar dan menyebar dengan cepat ke area kulit di sekitar jerawat. Nanah tersebut mengandung bakteri sehingga akan cepat menginfeksi kulit di sekitarnya dan menyebabkan peradangan yang dapat menimbulkan jerawat-jerawat batu lainnya. Oleh karena itu, jangan pernah memencet jerawat batu di kulitmu.

Susah Dihilangkan

Dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya, jerawat batu susah untuk dihilangkan. Apabila kamu mendiamkan saja jerawat batu tersebut, akan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk hilang dan sembuh. Namun, apabila kamu memaksa memecahkan jerawat tersebut, kondisi kulit akan semakin parah. Oleh sebab itu, untuk menangani jerawat batu, sebaiknya menggunakan obat herbal atau konsultasi dengan dokter kulit.

Menimbulkan Bekas Jerawat

Ciri yang terakhir adalah akan menimbulkan bekas ketika jerawat batu sembuh. Bekasnya pun tidak main-main. Jika pada jerawat biasa, bekas jerawatnya berwarna kehitaman, bekas jerawat batu biasanya adalah bopeng-bopeng kehitaman atau kemerahan. Yang paling parah adalah timbulnya lubang-lubang di kulit wajah atau dagu. Namun, tenang, bekas jerawat batu ini dapat diatasi dengan obat-obatan herbal atau teknologi laser.

Itulah ciri-ciri munculnya jerawat batu di dagu yang wajib kamu ketahui. Sekian dan selalu jaga kebersihan kulit wajah kamu.